Senin, 03 Mei 2010

Burung Hantu


Burung hantu (owl) adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. termasuk spesies burung nokturnal (beraktivitas di malam hari) yang berkaki dua.Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Penglihatannya sangat tajam sehingga burung hantu bisa melihat mangsanya dari jarak yang sangat jauh, inilah yang membedakan burung hantu dengan burung-burung lainnya. Bentuk muka burung hantu berbeda dengan bentuk burung biasa, mukanya rata seperti manusia dengan kedua matanya  menghadap ke depan.

Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, tampilan "wajah" burung hantu ini demikian mengesankan dan terkadang menyeramkan.

 Ekor burung hantu umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.
 
Leher burung hantu sangat lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang.  

Burung hantu tidak dapat memutar bola matanya. 

 



0 komentar:

| Copyright © | Template by kendhin x-template.blogspot.com | Edit By Fachreza FM | GnTL 2010 |